Hupla guys and ladies

Semalam tangan gatel dan install mastodon di homelab, dan dari hasil pengamatan (halah bahasanya) awal Install terasa berat, dan ternyata sesudah di lihat lihat, sepertinya berat ketika sidekiq melakukan tugasnya, awalnya saya install di spining HDD sesudah di pindah ke SSD agak lebih jinak, sesudah dibiarkan semalaman untuk jalan.

Federasipun terlihat lancar dan cepat.

Mungkin sebelum benar benar in production, bakalan di test dulu mana yang paling enak. Untuk sementara yang di homelab ini hanya untuk iseng, dan tetap account mastodon di tempat yang lain akan di jaga, karena namanya homelab, tidak tahu kapan dia harus restart dan kawan kawan kan.

Nah saya tahu disini banyak yang pasang mastodon atau alikenya sendiri, kalau dari pengalaman teman teman, mana yang paling ringan?

Terima kasih saran teman teman sebelumnya.

  • s4if@lemmy.my.id
    link
    fedilink
    Bahasa Indonesia
    arrow-up
    1
    ·
    1 year ago

    Akkoma syntax manajemennya aneh, makin aneh kalau pakai docker… banyak yg nyaranin install langsung aja… 😅😅

    • alien@lemmy.my.idOPM
      link
      fedilink
      Bahasa Indonesia
      arrow-up
      1
      ·
      1 year ago

      aha pantesan tadi baca baca, kayaknya pusing waakakak, tapi ini mau test dulu pakai docker, kalau ngga berhasil, kita main polosan aja kasih kayak om diatas hahahahha

        • alien@lemmy.my.idOPM
          link
          fedilink
          Bahasa Indonesia
          arrow-up
          1
          ·
          1 year ago

          Jadi ahkirnya terpaksa polosan juga om hakahakhka, karena pakai docker nyangkut, padahal semua sudah ada, tapi mix, ngga jalan jalan. Tapi kayaknya dia pakai resource lebih gede dari pada mastodon (proc), walaupun fiturnya jauh lebih baik dari pada pleroma. Dia konstan update federatednya itu yang pasti, dengan demikian kalau mau enak dan untuk sendirian Akkoma lebih cocok.

          Jadi kalau bicara urutan paling makan resource sedikit mungkin Pleroma Mastodon - masih ada idle nya ketika tidak house keeping Akkoma - konstan jalan entah kenapa, apakah stable releasenya bermasalah atau entah kenapa.

          Itu dengan spec pc tua saya ya om.

          Untuk client hanya toot yang bisa jalan di ketiganya, kalau mau pakai ice atau trunks pakai pleroma dan akkoma tidak jalan, hanya putar putar saja.

          Mungkin kalau sempat mau coba, mastodon tapi satu user saja pakainya. tapi lihat bagaimana nanti.

          • s4if@lemmy.my.id
            link
            fedilink
            Bahasa Indonesia
            arrow-up
            1
            ·
            1 year ago

            Masak sih? Aku dulu make akkoma cuma habis ram 400 untuk akkoma-nya dan 200 untuk postgre… pernah sampai 1GB-an mb karena nge-reply atomicpoet (influencer fedi) sama sjbscribe relay…

            • alien@lemmy.my.idOPM
              link
              fedilink
              Bahasa Indonesia
              arrow-up
              2
              ·
              1 year ago

              Makan proc nya om ngga nahan, dan konstan write ke ssd, kalau saya lihat dia kayak sibuk cek federasi, tapi semalaman di biarkan jalan, sampai tadi pagi masih begitu juga huhuuhu, kayaknya pc saya kali om, atau versi stable ngga cocok untuk saya.

              waktu awal habis install Hs93Vea.png

              sesudah 11 jam masih begini om Hs93M5g.png Hs93GdF.png Hs931g1.png